Hawa Panas Diduga Tewaskan Ribuan Orang di Moskow

Moskow (ANTARA/Reuters) – Beberapa ribu warga Moskow diduga telah tewas pada Juli saja akibat hawa panas tahun ini, yang tak pernah terjadi sebelumnya, dan korban jiwa dapat bertambah pada Agustus, kata seorang ilmuwan Rusia, Selasa.

Moskow, kota metropolitan dengan lebih dari 10 juta warga, telah diterpa hawa panas sejak Juni lalu. Temperatur harian kadang kala mencapai 40 derajat Celsius.

Krisis itu membuat layu seperti tanaman gandum di Rusia, memangkas pertumbuhan ekonomi tahun ini dalam jumlah miliaran dolar AS dan menewaskan sedikitnya 54 orang akibat kebakaran hutan. Udara panas agak reda pada Selasa.

Dengan mengutip laporan oleh Kantor Registrasi Moskow, kemudian peneliti senior ekologi dan demografi di Akademi Sains Rusia, Boris Revich mengatakan 5.840 lagi warga Moskow telah tewas pada Juli, lebih banyak dibandingkan dengan pada Juli tahun lalu.

Revich mengatakan ia percaya mayoritas besar korban jiwa tambahan telah disebabkan oleh hawa panas luar biasa.

“Keadaan sangat mudah diramalkan,” kata Revich pada suatu taklimat. “Satu-satunya yang membuat aku menyalahkan diri ku … ialah perkiraan ku (tentang korban jiwa) terlalu lamban pada awal gelombang panas.”

“Tetapi kami tak pernah memiliki pengalaman dalam memperkirakan panas yang sangat mengerikan ini, terutama karena kami tak pernah mengalami hawa panas seperti ini sebelumnya.”

Komite Statistik Negara (Goskomstat) dijadwalkan menyiarkan datanya mengenai korban jiwa sekitar 20 Agustus, kata Revich. Angka korban jiwa buat Agustus akan disiarkan pada September.

Kepala departemen kesehatan di Moskow , Andrei Seltsovsky mengakhiri kebungkaman resmi mengenai dampak panas tersebut dan asap akibat kebakaran hutan yang telah menyelimuti Moskow sejak penghujung Juli.

Andrei mengatakan pada 9 Agustus bahwa korban jiwa hampir dua kali lipat jadi 700 jiwa per hari, dan panas menjadi pembunuh utamanya.

Yahoo Indonesia News.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s