Tips Memilih Shampo

Bila anda tidak teliti memilih shampo, dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan masalah pada rambut dan kulit kepala Anda. Kepala berketombe, rambut kering dan pecah-pecah, biasanya merupakan salah satu akibat dari salah memilih shampo.

Tips berikut ini memberikan panduan bagi anda untuk memilih shampo yang sesuai dengan rambut anda:

Kenali jenis rambut anda. Apakah rambut Anda berminyak, kering atau normal? Rambut berminyak biasanya terlihat lepek dan kusam, cepat berminyak meskipun baru keramas, debu mudah menempel dan perlu lebih sering keramas. Rambut kering ditandai dengan rambut bercabang di ujung, mudah berantakan, terasa kasar bila disentuh dan sulit disisir. Untuk rambut normal biasanya tidak terlalu banyak bermasalah karena memiliki kelembapan yang cukup, tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering.

Untuk jenis rambut berminyak, formula shampoo harus mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala, tapi juga harus cocok untuk penggunaan sehari-hari. Jenis Clarifying Shampoo merupakan pilihan yang paling tepat untuk rambut berminyak, karena secara efektif mengurangi kandungan minyak dan lemak, sehingga rambut tidak lepek dan terasa lebih ringan

Karena rambut kering cenderung bercabang dan mudah patah, pilih shampo khusus rambut kering yang mengandung lebih banyak pelembap dan nutrisi. Formulanya juga harus lembut dan mengandung bahan-bahan alami seperti minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun.

info dari : http://tipsrumah.com/tips-memilih-shampo/

Iklan

2 responses to “Tips Memilih Shampo

    • Untuk rambut dan kulit kepala berminyak, disarankan tidak menggunakan sampo atau kondisioner yang terlalu berat. Dan jangan menggunakan sampo terlalu banyak mengandung lemak, seperti sampo 2 in 1 atau 3 in 1. Sebab, sampo seperti itu akan membuat kulit kepala dan rambut tambah berminyak sehingga menimbulkan ketombe. Gunakan sampo yang berlebel clarifiying. Sampo jenis ini efektif membersihkan minyak pada rambut, atau sampo jenis mint atau yang mengandung Aloe vera atau lidah buaya untuk mendinginkan kepala lebih dingin. Sedangkan bila hanya kulit kepala yang berminyak, sebaiknya pilih sampo untuk rambut berminyak, sedang kondisionernya untuk rambut kering guna menyeimbangkan.
      Frekuensi:
      Untuk rambut berminyak, sebaiknya cuci setiap dua hari sekali. Jangan setiap hari karena sering mencuci rambut dibarengi pemijatan justru akan merangsang produksi minyak.
      bila rambut mudah patah, pilih shampo khusus rambut kering yang mengandung lebih banyak pelembap dan nutrisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s