Bagi yang pengen blajar HIPNOTIS ane kasih tau nih… DASAR-DASAR ILMU HIPNOTIS

Dalam diri manusia sebenarnya ada kekuatan-kekuatan gaib, yaitu tenaga dalam atau kekuatan jiwa dan pikiran. Hanya orang-orang tidak menyadari atau belum mengetahuinya, sehingga tidak tahu cara-cara mengembangkan serta menggunakannya.

 

Hipnotisme adalah suatu ilmu bersifat psychologis, yang dapat menerangkan hakikat kekuatan-kekuatan tersembunyi itu, yang kita semua bisa memanfaatkannya guna membawa kita kepada sukses yang gemilang. Sesungguhnyalah hinotisme suatu keajaiban zaman modern.

Berbicara tentang kekuatan pribadi, di sini anda perlu melakukan gemblengan secara tersendiri, dan tentunya semua ini perlu latihan-latihan secara intensif pada gabungan dua ilmu secara sekaligus, yaitu:
1. Hipnotisme .
2. Magnetisme.
Di dalam hal ini jika saja anda telah mempelajari terlebih jauh pada kedua ilmu seperti disebutkan di atas, yang mana pada banyak bagian mempunyai titik persamaannya, yaitu titik “SUGESTI” dengan segenap persyaratannya, maka inimerupakan suatu dasar yang secara langsung memberikan arti yang sedemikian besarnya untuk mendukung tujuan anda untuk memahami serta mempraktekkan ilmu Hipnotis sejati.
Sugesti yang merupakan bagian penting untuk hipnotisme maupun magnetisme sebenarnya mempunyai sangkut paut yang erat dengan kehidupan manusia sendiri di dalam mewujudkan segala sesuatu, yang mana di dalam hal ini jarang digunakan dengan sepenuhnya oleh orang awam pada umumnya yang tidak mengetahui seluk beluk daripada persyaratan serta segenap akibatnya, dan ini merupakan suatu kelumrahan yang harus diperbaiki “kesadarannya” sehingga dapat dipetik terlebih maximum pada kemajuan-kemajuan penting di dalam kehidupan. Tidak mungkin seseorang untuk memperoleh kemajuannya secara top apabila belum mengenal faktor penggunaan pada daya yang terdapat disugesti ini. Bagi anda sendiri mempunyai kesempatan yang terlebih luas untuk peningkatan diri di dalam mencapai kemajuankemajuan baru jika menyempatkan untuk mempelajari pada kedua macaw ilmu yang telah disebutkan di atas.

Bagian hipnotisme, anda akan diajarkan pada suatu penyesuaian baru, di mana anda akan mengalami suatu keadaan yang serba baru untuk lebih dapat menguasai keadaan dengan cara-cara baru yang anda miliki itu, antara lain untuk memberikan tuntunan pada obyek yang menjadi sasaran anda untuk jatuh dalam hipnosanya sehingga di sini anda dapat melakukan suatu tanya jawab dengan secara menakjubkan, memberikan penyuluhan serta sekaligus untuk menyusupkan pengertian-pengertian seperti apa yang menjadi tugas anda di dalam sidang hipnotisme tersebut. Dan selanjutnya juga akan memberikan kemampuan bagi diri anda untuk melakukan penyembuhan-penyembuhan terhadap si obyek yang menginginkan serta mempercayai kemampuan anda itu.
Sedangkan pada bagian magnetisme, di sini anda juga diberikan kesempatan untuk meningkatkan kekuatan batin serta kekuatan lainnya, sehingga anda tidak lagi menjadi bulan-bulanan daripada rasa khawatir, ragu-ragu serta tidak adanya kepercayaan diri. Bidang ilmu ini akan menyingkirkan semua hal negatif tersebut serta berbalik untuk memberikan kesadaran yang tinggi pada segi kemampuan diri yang tersembunyi. Meningkatkan diri di dalam pergaulan, mampu untuk mencapai sesuatu tujuan dengan terlebih mantap, memberikan penyembuhan baik terhadap diri sendiri maupun untuk orang lain. Dan kemampuan-kemampuan gaib lainnya yang sedemikian luasnya.
Inilah pandangan yang jelas bagi anda yang ingin mempelajari dengan terlebih sempurna pada ilmu Hipnotis tingkat tinggi, dengan terlebih dahulu untuk mengalami pada kedua bidang ilmu di atas.
Dan bagaimana pula dengan persyaratan lainnya yang perlu untuk anda kuasai di dalam menjalankan ilmu Hipnotis ini. Di sini yang paling penting untuk anda dalami adalah hal-hal yang berhubungan dengan:
1. Ketekunan
2. Ketabahan
3. Memiliki daya konsentrasi yang baik
4. Peningkatan kepercayaan diri yang maximum
5. Penjiwaan sepenuhnya.

KETEKUNAN
Tidak ada sesuatu pekerjaan dengan hasil yang memadai tanpa adanya iringan ketekunan di dalam memperjuangkannya. Dan untuk dapat memelihara ketekunan ini tidak luput bagi anda untuk adanya minat yang kuat. Minat inilah yang dengan sendirinya akan membentuk seseorang untuk berkobar-kobar semangatnya serta terciptanya kemauan yang membaja, sehingga secara langsung pula apabila demikian akan lebih mudah untuk tercapai pada ketekunannya di dalam memperjuangkan apa yang menjadi keinginannya itu. Ketekunan itu sendiri juga harus dihubungkan pula dengan adanya kesadaran daripada pikiran, di mana ini akan menimbulkan suatu proses kerja yang tersendiri dengan terbangkitnya pada bawah sadar nya sendiri yang nantinya akan semakin menebalkan kekuatan yang ada pada dirinya. Bagi seseorang yang telah ada kesadaran pada pikirannya biasa¬nya akan lebih mantap untuk memerangi pada segenap kekuatan negatif yang mencoba untuk mengendurkan semangatnya. la akan dapat membina ketekunannya itu dengan cars apa pun yang dapat dilakukannya. Tidak terkecuali dengan diri anda sendiri, yang setiap waktu dapat mengendur semangat anda tatkala memperoleh halangan-halangan di dalam usaha anda untuk mencapai sesuatu, apabila kesadaran anda telah teguh dan sedemikian kuatnya, maka apa pun yang menjadi halangan itu akan dapat anda pertahankan dengan menyatukan seluruh unsur positif yang anda miliki. Demikian pula halnya dengan ilmu Hipnotis tinggi ini, yang pada bagian-bagian tertentu mempunyai cara kerja atau suatu perjuangan berlainan dengan keadaan biasa seperti yang umum anda lakukan jelas membutuhkan ketekunan yang sedemikian besarnya. Walaupun berkali-kali anda mengalami kegagalan untuk mencapai keberhasilan seperti apa yang menjadi teorinya, anda tidak perlu untuk merasa ragu-ragu lagi, karena apabila semua itu dapat anda pertahankan dengan berjalannya sang waktu pastilah kemajuan akan dapat dicapai dengan secara bertahap. Waktu dan perjuangan anda tidak akan membuahkan kesia-siaan, itulah yang pasti!

KETABAHAN
Ketekunan saja tidak akan dapat memberikan dukungan secara penuh terhadap sesuatu usaha dengan tanpa adanya suatu ketabahan. khususnya pada hal-hal untuk mencapai dengan usaha yang berhubung an dengan ilmu Hipnotis dan sebangsanya, karena di sini emosi sepenuhnya mempunyai, sangkut paut dengan ketabahan. Ketabahan itulah yang memberikan dorongan secara langsung untuk terpeliharanya keseimbangan daripada ketekunan. Dan berbicara daripada ketabahan ini sebenarnya adalah tergantung dari kesadaran dari seseorang itu sendiri, di mana di dalam hal menjaga keseimbangan daripada emosinya itu berperanan aktif untuk pengadaannya sehingga dapat mengikuti pada perkembangan yang ada. Tidak tergoyahnya pada sesuatu tujuan dari adanya akibat-akibat negatif akibat dari adanya kesadaran akan rasa tanggung jawabnya membuahkan keadaan ketabahan pada jiwa seseorang, sehingga ia akan dapat mencapai apa yang menjadi tujuannya itu.
Ketabahan di dalam mempertahankan suatu prestasi adalah suatu keharusan yang nantinya akan mencetak kepribadian yang sebenar-benarnya daripada diri seseorang.
Dan sebenarnya pula pada liku-liku kehidupan seseorang dan khususnya dengan apa yang menjadi perjuangannya itu tidak luput daripada adanya kesukaran atau kepelikan, dan di sinilah jika seseorang dapat membina ketabahan di dalam menghadapi apa yang menjadi kesukarannya, maka kemampuannya pun akan semakin berkembang. Tidak jarang kita menjumpai pada banyak orang, di mana semakin orang menjumpai kesukaran-kesukaran, akan. semakin memantapkan hasil yang dicapainya apabila ia dapat menjaga keseimbangan daripada ketabahan jiwanya.
Dan untuk ini kita dapat memberikan contoh seperti apa yang pernah dialami oleh Michael Angelo, seorang seniman dunia di dalam bidang pahat memahat. la, pada masa perjuangannya tidak jarang sering mendapat ejekan-ejekan dari temantemannya sendiri, karena kerjanya yang lambat. Tetapi di dalam hal ini Michael Angelo justeru mempunyai prinsip untuk mengerjakan segala sesuatunya dengan
teliti, dan bukan menganggap suatu hal yang lambat saja, karena di balik kelambatannya itu ia dapat memandang dengan mata batinnya untuk dapat menjangkau suatu harapan yang lebih besar. Orang yang disajikan dengan hasil pekerjaannya nyatanya membuktikan itu. untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya. Ketabahannya di dalam menjalankan prinsip-prinsip pribadinya serta di dalam menyelesaikan segenap pekerjaannya dengan sempurna melambangkan akan ketabahannya. Akhirnya ia dapat melampaui semua temannya untuk meraih nama besar di dalam bidang seni yang dijalaninya.
Demikian pula dengan diri anda, anda perlu sekali untuk menetapkan tujuan anda dengan jelas, mempertimbangkan segala sesuatunya dengan secara cermat, dan apabila sudah demikian, maka selanjutnya adalah untuk melaksanakan apa yang menjadi tujuan anda dengan tabah. menjaga segala sesuatu yang berlangsung dengan tabah dan akhirnya pastilah usaha yang anda jalankan untuk tercapai dengan sukses.

MEMILIKI DAYA KONSENTRASI YANG BAIK
Konsentrasi yang baik sudah lama diketahui merupakan suatu keefektifan yang harus dijalankan di dalam mencapai sesuatu dengan hasil yang terlebih baik. Semua usaha membutuhkan daya konsentrasi yang baik. Ini merupakan cermin daripada kecermatan kerja untuk dapat menghindari hal-hal atau halangan-halangan yang tidak perlu terjadi. Dan biasanya pula ini akan memberikan buah yang lebih baik daripada bidang perjuangannya. Konsentrasi yang baik juga merupakan suatu kebiasaan. di mana ini harus dapat anda adakan untuk segenap apa yang anda rencanakan atau laksanakan. Jangan mudah untuk menjadi ragu-ragu apabila anda telah mempunyai sesuatu niatan, terlebih apalagi jika itu telah menjadi suatu pelaksanaan. Kemampuan diri.
PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI YANG MAXIMUM
anda tidak terbatas, dan hanya tinggal bagaimana anda sendiri untuk mengadakan kebiasaan pada bidang yang anda usahakan itu. Hadapi semua tantangan dengan daya pikiran yang positif, jangan mudah mengundurkan diri daripada sesuatu tujuan yang telah ditetapkan. jangan mudah bingung, dan last but not least jangan mudah untuk merendahkan kemampuan diri sendiri!

PENJIWAAN SEPENUHNYA
Terutama sekali dengan hal-hal yang berhubungan dengan akting. maka tidak luput untuk pengadaan penjiwaan sepenuhnya untuk mengharapkan hasil yang maximal dengan apa yang dilakukannya itu. Dan itu juga tidak terbatas pada bidang ini saja. melainkan meliputi pada berbagai usaha yang sedang anda jalankan. Tanpa adanva penjiwaan sukar untuk diharapkan hasilnya. Penjiwaan dalam suatu show akan menghasilkan suasana kewibawaan tersendiri, di mana ini akan ikut menyentuh pada perasaan penontonnya serta akhirnya untuk menaruh pada penghargaan. Jiwailah dengan apa yang anda pelajari dan demikian untuk langkah selanjutnya, ini akan menentukan keberhasilan anda sepenuhnya.
Sebelum sampai pada pelajaran menghipnotis, terlebih dahulu anda harus mengetahui kemampuan dalam diri anda yang menjadi sumber kekuatan hipnotis.
Sesungguhnya ada 3 sumber kekuatan hipnotis yang dapat dibangkitkan melalui:
1.Pandangan mata
2.Suara / sugesti
3.Kekuatan jiwa anda (tenaga dalam) Untuk dapat menggunakan kekuatan itu yang sehebat-hebatnya. Anda perlu melatih dan mengembangkannya sebagaimana diajarkan dalam latihan-latihan berikut ini :

SUMBER-SUMBER KEKUATAN HIPNOTISME
1.KEKUATAN PANDANGAN MATA
Sorot mata anda adalah sebenarnya merupakan kekuatan hipnotis yang
pertama, asal tahu cara mempergunakannya. Ingat sajalah terhadap kekuatan pengaruh yang bisa ditimbulkannya, karena cara memandang yang bersifat memerintah, mengancam atau menghardik dan sebagainya.
Cara latihan untuk menggunakan pandangan mata supaya mempunyai kekuatan hipnotis adalah sebagai berikut : Anda berdirilah di depan cermin besar dengan jarak 1 M dan kedua tangan anda bersikap pada perut. Perhatikanlah wajah anda dalam cermin itu dengan tenang. Lalu pusatkan pandangan anda pada titik di antara kedua mata dalam cermin. Pandanglah terus dengan mata tajam tanpa berkedip. Jika keluar air mata, boleh berhenti sebentar, lalu teruskan lagi, tahan lebih lama lebih baik. Tempo latihan ini sedikitnya 5 menit. Guna latihan tersebut ialah untuk menguatkan pandangan mata, agar nantinya anda akan menghipnotis seseorang dapat membangkitkan kekuatan yang ampuh dan tak dapat dikalahkan oleh pandangan mata lawan (suyet).
2. PENGARUH SUARA / SUGESTI
Selain pandangan mata suara anda adalah merupakan kekuatan hipnotis yang kedua yaitu anda ucapkan sebagai ucapan sebagai sugesti atau daya saran.
Sugesti dalam hipnotisme adalah anjuran melalui lisan yang sifatnya setengah memaksa, tetapi sangat halus kata-katanya serta cara menyampaikannya sehingga tak terasa sebagai perintah atau pun anjuran. Daya saran itu walau berlawanan dengan keinginan hati suyet namun suyet merasa harus menerimanya dengan sepenuh hati, karena seperti ada kekuatan hebat yang mendesaknya, sehingga tak berdaya ia menolaknya. Untuk mendapatkan kekuatan hipnotis dengan suara seperti itu, anda perlu melatih cara menyampaikan sugesti denganlisan secara jels, meyakinkan, bisa di dengar dan di mengerti oleh suyet. Dengan sendirinya bahasa yang anda pergunakan adalah bahasanya suyet. Jadi cukup jelas bahwa sugesti dalam hipnotisme harus diucapkan dan tidak boleh hanya di batin atau di dalam hati seperti menggunakan sihir. Titik kurang pentingnya pula, bahwa kalimat-kalimat khas untuk setiap sugesti itu harus anda kuasai betul-betul cara mengutarakannya, sesuai dengan maksud serta tujuannya. Sebab kekuatan yang terkandung dalam sugesti itu bisa menjadi buyar atau hilang, bila anda gugup,ragu tidak lancar dan yakin atau hanya asal berkata (ngawur) sewaktu mengucapkannya. Suara menghipnotis yang baik ialah suara yang menimbulkan suara yang menimbulkan kepercayaan dan rasa tenang kepada suyet, seperti dokter memberi nasihat kepada pasiennya. Sekali-kali jangan anda memberi sugesti yang menyinggung kepercayaan agama, rasa susila atau harkat kehormatan suyet.
3.TENAGA KEKUATAN JIWA / TENAGA DALAM
Kekuatan hipnotis yang ketiga adalah tenaga dalam yang merupakan kekuatan jiwa dan pikiran. Kemampuan ini tersembunyi dalam diri anda. Untuk dapat menggunakan kekuatan jiwa dan pikiran ini diperlukan latihan pernafasan atau prana. Yang cara ialah sbagai berikut :
1. Anda duduk bersila dengan punggung tegak lurus, kepala agak keatas, kedua tangan diatas lutut. Pusatkan diri anda pada pernafasan dan berpikirlah tentang adanya tenaga dalam atau kekuatan jiwa dan pikiran dalam diri anda.
2. Lalu hiruplah nafas 8 detik, tahan selama 8 detik, keluarkan dan ulangi lagi seperti itu. Bila anda telah sanggup menahan nafas dengan hitungan lebih tinggi silahkan ditingkatkan.
3. Lakukan latihan prana tersebut cukup 5 menit tiap pagi dan sore hari sesudah mandi ataupun malam hari. Sesuatu pikiran yang ditanamkan cukup kuat dalam pikiran/ingatan, cenderung untuk menjadi kenyataan diluar kesadaran orang yang bersangkutan. Maka hasilnya akan dapat anda rasakan dengan nyata dalam suatu masa setelah menjalani latihan.
Guna latihan tersebut untuk membangkitkan tenaga dalam anda yang terpendam yang sesungguhnya sudah ada dalam diri setiap orang yang normal rohani dan jasmani.
Demikianlah, jadi ada 3 sumber kekuatan hipnotis dalam diri anda yang bisa anda bangkitkan melalui :
1. Pandangan Mata
2. Suara / sugesti
3. Kekuatan Jiwa / Tenaga dalam
Semuanya perlu anda latih, agar dapat menggunakan kekuatan-kekuatan itu yang sebesar-besarnya dan setepat-tepatnya.
Karena bila anda telah melatih dan menguasai ke tiga sumber kekuatan yang sudah dijelaskan, anda akan mampu menghipnotis seseorang dengan cepatnya, Namun terkadang semua itu butuh proses dan kesabaran dari anda sendiri. Bila anda rajin berlatih dan serius tentunya saja hasil yang akan diraih pun menjadi bagus. Perlu anda ketahui semua metode dalam pembelajaran ini adalah murni yang bersumber pada kekuatan anda sendiri dan tidak menggunakan media apapun, baik doa, wirid, mantra atau lain sebagainya.
Namun disini anda hanya menggunakan kata-kata bahasa anda sendiri yang bisa dilakukan kepada suyet, jadi usahakan anda mempunyai suara yang baik untuk menyampaikannya dan jangan terlalu cepat maupun gugup, tapi santai dan penuh keyakinan terhadap suyet tersebut.

BERBAGAI PELAKSANAAN ILMU HIPNOTIS
KONSENTRASI KEKUASAAN DIRI
Konsentrasi kekuasaan diri menguakan suatu syarat mutlak untuk tercapainya pelaksanaan daripada ilmu Hipnotis. Jadi metode yang ada hendaknya dapat dikuasai secara penuh terlebih dahulu sebelum melangkah pada gerak prakteknya, tanpa keadaan yang sempurna tentunya apa yang anda inginkan tidak akan mengalami keberhasilan sebagaimana mestinya. Untuk menambah daya konsentrasi anda, berdirilah di depan cermin, tatapan mata tajam arahkan ke arah antara 2 alis (cakra ajna), pandang terus (lebih bagus jika bisa tidak berkedip atau jika tidak tahan kurangi kedipan). Ciri ciri kekuatan Hipnotis telah masuk tampak seperti mata yang bersinar seperti mata kucing. Alat bantu potret/photo ataupun gambar sebesar wajah manusia asli yang di gambar menghadap pada kita, bisa juga digunakan sebagai sarana latihan untuk lebih mengungkap kekuatan hipnotis diri sendiri.

KONSENTRASI PASIF
Cara ke 1
– Berbaringlah Anda di tempat tidur tanpa memakai bantal, atau boleh juga dengan memakai yang tipis saja.
-Kendurkan seluruh urat-urat dan otot-otot Anda di seluruh tubuh dari mulai ujung kaki hingga kekepala sekendur-kendurnya (relaxation).
– Kedua belah tangan Anda hendaklah bersidakep di perut Anda dengan ujung jempol agak di tekankan ke “pusat” (navel) dan sementara itu bayangkanlah di dalam pikiran Anda, bahwa seluruh kekuatan sakti (gaib) yang berada di dalam diri Anda berkumpul di “pusat” (navel) Anda itu, dan bayangkanlah terus, bahwa kekuatan sakti itu semakin lama semakin membesar.
-Lakukanlah latihan ini terus menerus, hingga terasa ada sesuatu “getaran yang aneh” menyerupai kesemutan di bagian pusat itu, lalu berangsur-angsur menjalar ke kedua belah tangan Anda, dan akhirnya ke seluruh tubuh Anda.
– Selama dalam latihan, usahakanlah agar pikiran Anda tetap terpusat dan jangan dibiarkan memikirkan lain-lain
-Sebaiknya lathan ini dilakukan pada tiap-tiap malam di kala Anda hendak tidur, hingga Anda tertidur dalam keadaan dan pikiran demikian.
Cara ke II :
– Berdirilah atau bersilalah dengan lurus, dan kedua belah tangan bersidakep di perut, dagu agak menekuk ke bawah sedikit. Ujung jari jempol Anda sebelah kanan hendaknya sedikit ditekankan ke “pusat” (navel) Anda. – Sambil berbuat demikian, hendaklah Anda sugestikan kepada diri sendiri kira-kira sbb. : “AKU MEMPUNYAI KEKUATAN GAIB YANG SANGAT SAKTI, DAN HENDAKLAH IA BERKUMPUL DI PUSATKU INI KUSENTUH DENGAN JARI JEMPOL KANANKU”.
– Dalam pada itu hendaklah Anda sangka dalam pikiran Anda bahwa segenap kekuatan sakti Anda itu pecah terkumpul di pusat Anda dan kekuatan mana semakin lama semakin membesar.

PEMINDAHAN PIKIRAN
Pemindahan pikiran atau disebut juga telepati terjadinya adalah karena pemancar memang telah menghendaki terlebih dahulu, untuk memindahkan pikirannya kepada orang lain yang dikehendakinya. Jadi dengan demikian yang aktif dalam hal ini orang yang sedang melakukan telepati itu (pemancar ). Tentu saja waktu ia memindahkan pikirannya kepada orang lain itu ia mempunyai maksudmaksud tertentu.
Tanpa ada maksud yang tertentu tidak mungkin sescorang itu akan memindahkan pikirannya kepada orang lain yang telah dikehendaki sedari semula. Biasanya ketika ia memindahkan pikirannya kepada orang yang telah dikehendaki itu, ia mempunyai maksud yang sedikit banyaknya sangat menguntungkan bagi dirinya (pemancar).
Karena akan menyampaikan maksudnya itu secara lisan tak berani, dan ia mengetahui cara yang lebih halus dan mungkin tak ada orang yang mengetahuinya, maka di pilih-nyalah cara-cara yang sangat disukainya itu. Cara yang dimaksud itu tadi ialah memindahkan pikirannya kepada orang yang telah dimaksud. Dalam memindahkan pikirannya kepada orang lain itu pemancar hanya mempergunakan tenaga pikirannya sendiri.
Juga dalam hal melancarkan sugesti-sugestinyapun ia hanya memakai sugesti mentalnya saja ( yang dinamakan dengan sugestie mental ialah sugesti yang tidak diucapkan lewat kata-kata, tetapi cukup kalau hanya dipikir saja. ), Jadi dalam hal ini yang sangat memegang peranan yang sangat penting sekali ialah pikiran.
Kalau akan memindahkan pikiran kita itu kepada orang lain yang telah kita kehendaki, maka kita harus ingat akan wajah dari orang-orang yang kita maksud itu tadi. Karena ini sangat berguna untuk melancarkan sugesti pikiran kita terhadapnya. Pemindahan pikiran Jari orang yang satu kepada orang lain ini dapat terjadi, kalau memang dengan sungguh-sungguh orang yang akan memindahkan pikirannya itu mempunyai kemauan yang kuat dalam dirinya bahwa memang ia menghendaki cara yang demikian itu. Dengan demikian yang mendorong pikirannya untuk berpindah tempat kepikiran orang yang lain adalah daya kemauannya sendiri.

Eksperimen Pendahuluan
-Ambillah seorang anak tanggung yang biasanya bersifat penurut dan selalu dibawah pengaruh Anda (lebih baik jika telah pernah Anda hipnotis).
-Berilah kepadanya saran pendahuluan yang bisa menarik perhatiannya dan membikin ia jadi percaya, misalnya : bahwa Anda memiliki suatu ilmu gaib yang nanti bisa menolongnya dalam berbagai maksud, asal saja ia bersedia untuk dicoba sebentar, dan menuruti segala pembicaraan Anda. (Bagi Anda yang telah menguasai hipnotisme tentu lebih mengenal teknik dan slag-slag memberikan saran pendahuluan ini )
-Bawalah ia di suatu ruangan yang tenang, sebaiknya di dalam sebuah kamar yang terkunci dimana Anda hanyalah berdua dengan orang percobaan itu Sinar lampu sebailmya agak remang remang saja.
-Pasanglah sebuah lilin, dan taruhlah lilin itu di atas sebuah meja dihadapan orang percobaan itu kira-kira 1 meter jauhnya dalam keadaan berhadap-hadapan dengan Anda.
– Sarankanlah ia supaya berdiri tegak lurus, kaki same dirapatkan, dan kedua belah tangannya disambungkan jari-jarinya di belakang lehernya.
– Matanya disuruh melihat kepada nyala lilin tadi dengan tidak boleh dipalingkan kelain tempat.- Sekarang pandangah hidung orang percobaan itu dengan pandangan hipnotis dan dengan sikap dalam latihan konsentrasi.
– Dalam pada itu katakanlah kepadanya, bahwa dengan izin tuhan apabila ia mendengar hitungan Anda “satu” ….., hendaklah ia pegang sekeras-kerasnya kesepuluh jari-jarinya yang telah disilangkan kebelakang tadi sambil ditekankan kedalam. Kemudian apabila ia mendengar hitungan Anda “dua” …., maka kedua belah tangannya pastilah akan terasa kaku dan, kencang dengan sendirinya, dan akhirnya apabila Anda menyebut “tiga”…, maka kedua belah tangannya itu pastilah terkunci …. dan tak dapat ia buka lagi. Sewaktu Anda mengucapkan saran-saran itu,

LATIHAN PERCOBAAN ILMU HIPNOTIS KONTAK.
hendaklah pandangan mata Anda memusat kepada pangkal hidungnya dan kata-kata Anda hendaklah tegas positif dan meyakinkan, seolah-olah sebagai perintah yang tak dapat ditawar-tawarnya lagi. o Sekarang anda boleh mulai menghitung satu …. dua…., ketika ia sedang menarik nafas panjang ke atas, tekanlah “pusat” (naval) Anda dengan ujung jempol Anda dan serentak sebutlah …. tiga. o Kemudian susullah dengan saran berikutnya yang cukup tegas misalnya “NAH SEKARANG KEDUA BELAH TANGAN SAUDARA SUDAH TERKUNCI DAN TAK DAPAT SAUDARA BUKA LAGI, DENGAN IZINNYA ALLAH. COBALAH TENTU TIDAK BISA!”
– Apabila Anda berhasil dalam eksperimen pendahuluan ini pastilah orang percobaan Anda itu tak dapat membuka jari-jarinya walaupun dicobanya dengan sekuat tenaga.
-Untuk mengakhiri eksperimen ini hendaklah dengan segera Anda cabut kembali pengaruh Anda dengan menyarankan kepadanya, bahwa ia sudah bisa membuka kembali kedua belah tangannya itu, sambil berkata demikian, hendaknya Anda lepaskan kedua belah tangan Anda dari perut Anda.
– Dengan berhasilnya eksperimen pendahuluan Anda ini berartilah bahwa Anda telah memperoleh modal untuk melakukan perjalanan kontakisme selanjutnya
– Akan tetapi apabila Anda belum berhasil, maka hendaklah Anda lanjutkan lagi percobaan-percobaan semacam ini terhadap beberapa orang lainnya hingga Anda betul-betul berhasil.
-Janganlah hendaknya Anda lantas berkecil hati, atau berputus asa, dan ingatlah, bahwa orang yang lekas berputus asa itu selamanya akan kandas di tengah jalan, dan pasti tak akan berhasil dalam segala cita-citanya. Selain daripada itu Anda boleh lakukan koreksi terhadap diri sendiri, apakah gerangan yang menyebabkan kegagalan Anda dalam eksperimen yang baru Anda lakukan itu. Mungkin terdapat suatu kesalahan atau kekurangannya baik tekhnis maupun taktis Cobalah Anda periksa dengan teliti.
– Untuk selanjutnya perkataan “ORANG PERCOBAAN” akan kami sebut dengan nama SUYET saja.

Carilah seorang atau kelompok orang-orang yang anda rasa bisa dijadikan seorang suyet. Lalu anda terangkan kepadanya, bahwa cara beristirahat yang sempurna ialah dengan mengendorkan sama sekali semua otot-otot. Kebanyakan orang mengira beristirahat demikian itu mudah saja. Akan tetapi kenyataannya mereka itu selalu dalam keadaan tegang. Lalu anda katakan kepada suyet-suyet anda tersebut : “SEKARANG SAYA HENDAK MENCOBA SAUDARA / SAUDARA-SAUDARA, APAKAH SAUDARA BISA BERISTIRAHAT SECARA SEMPURNA” Kemudian mintalah kepada suyet supaya ia menegakkan tangan kanannya dengan jari telunjuknya menunjuk ke atas, lalu tangan kiri diletakkan di atas ujung telunjuk itu, sambil anda memberikan suatu contoh, Nah dalam keadaan demikian telunjuk yang diluruskan itu menjaga lengan kirinya. Sekarang ingatkanlah kembalikepada suyet agar ia mengendorkan otot-otot tangannya, sehingga tangan kiri itu benar-benarbertopang diatas telunjuk kanannya. Anda kemudian bertanya apakah suyet betul-betulsudah melaksanakan seperti apa yang anda anjurkan, Jika ia menjawab “YA”, maka anda berkata bahwa apabila nanti anda menghitung sampai “tiga” ia harus menarik cepat-cepat tangan kanannya. Maka kata anda “Satu….Dua…Tiga”! Dan apakah yang terjadi…? Apabila suyet itu benar-benar menuruti perintah anda, niscaya pada saat ia menarik tangan kanannya, tangan kirinya terjatuh lunglai diatas pangkuannya. Akan tetapi sering terjadi,ada sementara suyet yang lengan kirinya tetap tergantung di udara. Ini menunjukan bahwa ia tidak melemaskan lengannya seperti apa yang anda anjurkan tadi. Sekarang sambil anda menerangkan kembali betapa sukarnya beristirahat secara sempurna, seperti ternyata dari lengan yang tidak jatuh itu,ulangilah kembali percobaan tersebut, dengan dijelaskan lagi sampai suyet mengerti. Maka kali ini suyet akan dapat mengikuti percobaan pendahuluan ini seperti yang anda kehendaki.

BERISTIRAHAT SECARA SEMPURNA
Semua kata-kata dan bahasa dalam Hipnotis bisa anda kembangkan menurut kemauan dan kehendak anda sendiri yaitu seperti Tidak Bisa Duduk, Membuat Suyet Jatuh Kebelakang, Membuat Suyet Jatuh Kedepan, Mengunci Kedua Tangan Suyet, Tak Sanggup Mengangkat Benda, Membuat Lengan Suyet Menjadi Kaku dan lain sebagainya yang bisa anda experimen sendiri. Usahakan dimulai dengan ucapan yang membuat suyet menjadi yakin terhadap anda dari ucapan yang terdengar agar dia bisa menuruti kehendak anda dengan ilmu hipnotis ini.
Ok, Sekarang kita beranjak ke latihan berikutnya, bila selama ini semua percobaan yang anda lakukan terjadi dalam keadaan bangun, Nah..sekarang kita anda sampai pada bagian yang terpenting dalam hipnotisme yaitu menghipnotis atau menidurkan seorang suyet bagian yang menyangkut hubungan bawah sadar dari ingatan. Gunakanlah suyet yang anda sudah berhasil melalui percobaan-percobaan sebelumnya, Nah kali ini terangkanlah kepadanya, bahwa hipnotis atau tidur hipnotis adalah suatu keadaan yang sangat relax, dimana lenyaplah segala perasaan letih dan lelah. Maka ia tidak perlu khawatir atau takut, Namun sebaliknya bersikap menerima dan jangan menentang kemauan untuk tidur, karena sebentar lagi ia akan dibawa kesuatu kedaan pasif dan mengantuk. Kalau ia bersikap menentang, maka tak bergunalah melaksanakan percobaan ini, yang justru bertujuan hendak membuat dia tidur hipnotis yang nyenyak dan aman. Didalam penyampaian suatu sugesti kepada suyet anda harus terus mengembangkan dalam bentuk kata-kata yang membuat suyet menjadi lebih nyaman untuk dihipnotis kepada anda, Jadi anda jangan Grogi, Gugup apabila hendak menatap mata suyet anda boleh kalah, karena letak kekuatan anda harus seimbang dan searah dengan kedaan suyet tersebut.
MENGHIPNOTIS / MENIDURKAN SUYET
CARA PENIDURAN HIPNOSA
Pertama-tama persilahkan seorang suyet duduk di sebuah kursi yang enak dengan mengendorkan seluruh otot-ototnya. Lalu ujung telunjuk anda atau sebuah benda yang mengkilat (arloji atau bandul) anda perlihatkan kepada suyet kira-kira 10 cm di depan mata suyet agak keatas. Lalu suruh dia memandang ujung jari anda atau benda yang mengkilat itu. Sekarang anda memutar benda mengkilat atau telunjuk anda itu dalam suatu lingkaran garis tengah kira-kira 20 cm. perlahan-lahan dan usahakan supaya putaran itu tetap di depan dan diatas mata suyet, sehingga ia selalu memandangnya. Mintalah kepadanya untuk mengosongkan pikiran sama sekali agarsegera dapat tidur. Ia tidak boleh memikirkan apa-apa lagi, selain hanya keinginan untuk tidur. Sesaat kemudian sambil anda terus menggerakkan berputar benda mengkilap (telunjuk anda) itu perlahan-lahan, berkatalah kepadanya dalam nada hipnotis, yakni dengan tekanan suara yang rata, tidak keras dan tidak pula berbisik, akan tetapi cukup jelas terdengar dengan nada yang menyakinkan :

“PELUPUK MATA SAUDARA MULAI TERASA BERAT. KEDUA MATA SAUDARA KELIHATAN PENAT DAN BERAIR. DALAM BEBERAPA DETIK LAGI LENGAN, KAKI DAN OTOT-OTOT SAUDARA DAPAT BERISTIRAHAT PENUH. SAUDARA MULAI BERNAFAS DALAM.
NAH, SEKARANG SAUDARA MERASA NGANTUK. BAIKLAH SAUDARA MEMEJAMKAN MATA. PEJAMKANLAH MATA SAUDARA. SAUDARA AKAN MENIKMATI ISTIRAHAT DALAM TIDUR. SAUDARA TIDAK AKAN BANGUN, SEBELUM SAYA MEMBANGUNKAN SAUDARA. TIDURLAH….TIDUR…TIDUR NYENYAK…..” Dengan cara peniduran seperti yang diterangkan di atas, akan terbukti bahwa sebagian besar dari suyet-suyet anda bisa tertidur hipnotis. Anda akan melihat wajah suyet dalam hipnosa tersebut nampak tenang yang sukar dilukiskan dengan kata-kata. Biasanya kepalanya terkulai, otot-otot mengendor atau lemas. Jika anda rubah letak kepalanya, akan menurut saja, tiada berdaya.

Tangan serta lengannya juga lemas, seandainya anda tarik tangan dari atas pangkuannya, maka ia akan terlepas seperti sepotong tali. Suyet yang sedang tidur hipnotis itu, apabila anda bertanya apa-apa, ia akan menjawabnya dengan suara hampir berbisik. Kadang-kadang anda melihat tandatanda gelisah pada mata yang dipejamkan atau terjadi gerak-gerak dari anggota badannya, itu berarti bahwa suyet tidak nyenyak tidurnya. Jika terjadi demikian, maka katakanlah bahwa ia harus beristirahat sepenuhnya, tidak perlu gelisah lebih baik tidur saja dengan tenang. Selanjutnya ulangilah kembali saran-saran peniduran yang tersebut di atas dengan kata-kata anda sendiri yang lebih sugestif serta dapat menimbulkan ketentraman dan kepercayaan kepada suyet. “ANDA SUDAH MENGANTUK, TIDURLAH……….TIDUR YANG NYENYAK, TIDUR YANG NYENYAK.”

MEMBANGUNKAN SUYET DARI HIPNOSA
Dalam tidur hipnosa yang agak nyenyak, suyet dapat mendengar suara-suara. Tidurnya mirip dengan ngantuk dibarengi kepala berasa berat, kaki tangan letih. Akan tetapi akal serta panca indera tetap dapat bekerja. Selama dalam tidur hipnosa itu,timbul hubungan yang erat antara suyet dan juru hipnotis. Suyet tak mendengar lagi apa yang dikatakan orang-orang lain. Ia sudah terpisah dari dunia luar dan hanya mendengarkan perintah-perintah juru hipnotis itu. Suyet mentaati setiap perintah anda, karena anda yang menghipnosirnya. Oleh karena itu ia akan bangun juga apabila anda yang memerintahkannya supaya bangun. Cara anda membangunkan itu hendaknya secara perlahan-lahan. Berkatalah dengan suara memerintahkan sebagai berikut : “TIDUR SAUDARA SUDAH CUKUP, SEKARANG SEGERA SAYA AKAN MEMBANGUNKAN SAUDARA, APABILA SAUDARA BANGUN NANTI, BADAN SAUDARA AKAN MERASA NYAMAN DAN SEGAR. SAYA AKAN MENGHITUNG DAN JIKA SAMPAI PADA HITUNGAN KETIGA,SAUDARA HARUS BANGUN SESADAR-SADARNYA DAN SEGERALAH BERDIRI DARI TEMPAT DUDUK/TIDUR SAUDARA, NAH, SAYA MULAI…SATU…DUA…TIGA..! BANGUN, AYO BANGUN, BANGUNLAH, SUDAH CUKUP… DAN SETERUSNYA. Sambil berkata hal demikian, tepuklah bahu suyet dengan telapak tangan anda 2-3 kali dan katakan juga : “BAGUS..! SAUDARA SUDAH BANGUN! BAGAIMANA SEKARANG LEBIH ENAK…? YA, SAUDARA KINI LEBIH SEGAR DAN SEHAT…” dan seterusnya. Jadi setelah suyet telah terbangun, anda jangan lupa memberikan suatu sugesti yang menimbulkan kesan adanya perasaan enak, relax, bahagia dan sebagainya. Sebab kalau tidak suyet akan menjadi lesu atau boleh jadi merasa pusing-pusing dan mengantuk. Seandainya saja anda menghadapi peristiwa suyet tidak bisa dibangunkan, janganlah anda bingung atau panik, karena biasanya secara lambat laun akhirnya suyet akan bangun sendiri juga dalam waktu 3-4 jam kemudian. Memang anda harus berusaha membangunkannya dengan segera, akan tetapi soalnya jangan dengan cara yang dapat mengagetkan suyet. Cukup anda katakan saja kepadanya, bahwa ia sudah cukup lama tidur, sehingga sudah saatnya bangun. Cara lain untuk membangunkan suyet dari Hipnosa ialah menghitung. Anda coba katakan kepada suyet, bahwa apabila anda menghitung sampai lama, maka ia harus segera bangun. Kemudian hitunglah perlahan-lahan, dengan menepukkan kedua tangan anda pada setiap hitungan sekali tepukan. Apabila sampaipada hitungan terakhir “Lima!”, anda katakan dengan suara memerintah : “BANGUN! BANGUNLAH, BANGUN SESADAR-SADARNYA, SEKARANG SAYA PERINTAHKAN AGAR SAUDARA SEGERA BANGUN!” Jika seorang suyet setelah dibangunkan kemudian ia tidurlagi, maka berulangulanglah anda berkata sebagai berikut : “APABILA SEKALIINI SAUDARA SAYA BANGUNKAN, MAKA SAUDARA AKAN TETAP BANGUN, SAUDARA TIDAK ADA KEINGINAN UNTUK TIDUR LAGI, YA…SAUDARA TIDAK AKAN BISA TIDUR LAGI.SAUDARA AKAN BANGUN DAN TETAP BANGUN DENGAN PERASAAN LEGA DAN RELAX DAN BADAN MENJADI SEGAR” Lalu bangunkanlah dia seperti biasa, jadikan keyakinan anda dan sugesti anda dalam pelaksanaan Ilmu Hipnotis perlu diperhatikan dan dilatih terus-menerus.
1.SIFAT KEPRIBADIAN YANG KUAT
Seorang juru hipnotis (hipnotiseur) yang baik, secara lahiriah harus dapat diterima oleh suyet-suyetnya. Artinya pada diri anda tidak ada hal-hal yang dapat tidak disukai oleh suyet. Maka jika anda menjadi ahli hipnotis,hendaknya menjaga martabat diri anda. Misalnya tampang serta perilaku anda harus menawan hati, baju anda bersih, tangan dan wajah anda bersih juga, badan dan nafas anda tidak bau, dan rambut anda tertata rapi serta tutur kata anda mencerminkan keahlian serta kemampuan anda benar-benar teruji. Sikap anda hendaknya menimbulkan kesan sopan santun, akan tetapi cukup berwibawa di mata para suyet, jika anda perhatikan seperti acara Romy Rafael , dengan pakaian serba hitam,memakai ikat kepala dan tatapan mata yang penuh arti sudah pasti hal tersebut menimbulkan sikap wibawa ahli hpnotis yang dapat menggunakan keahliannya dengan tujuan kepada para suyet diantaranya show, terapi kejiwaan para suyet yang ingin di terapi dengan hipnotis, hal tersebut tidak lepas dari kepribadian anda dalam berbicara atau berkomunikasi dengan para suyet. Yang perlu anda perhatikan lagi sikap anda tidak boleh terlalu memaksa, membentak, atau berbicara kasar yang pada akhirnya membuat mereka tidak percaya kepada anda dan sikap seorang suyet akan melawan dari kehendak batin anda sendiri.
2.BERSUARA YANG BAIK
Bila ingin menjadi seorang ahli hipnotis anda harus melatih suara yang sebaikbaiknya, karena dengan suara dan cara berbicara yang kurang baik dan lancar.

SIFAT-SIFAT AHLI HIPNOTIS
tentunya sudah dapat diketahui sifat dan watak anda tersebut, Nah, jika berkata-kata kabur dan ragu ataupun trelalu gugup maka otomatis pikirannya pun kabur dan ragu juga bukan. Maka suara anda hendaknya diperbaiki dan dilatih terus sehingga mutunya menjadi lebih jelas dan tempo dalam penyampaian jangan terlalu cepat ataupun lambat, sehingga harus berirama yang akan menggiring suyet ke alam trance atau alam bawah sadar mereka. Karena sugesti yang akan disampaikan kepada suyet harus berisikan suatu hal yang membawa manfaat bagi suyet tersebut.
3.MAGNETISME PRIBADI
Seorang ahli dalam hpnotis mendapatkan kemahiran serta kemampuan tersebut dari pengalaman dan praktek yang terus dilatihnya, namun disamping itu ahli hipnotis memiliki suatu dasar teori yang kokoh dari hipnotisme, maka hasilnya akan lebih baik lagi. Apalagi bagi anda yang yang mempunyai pendidikan kedokteran,ketabiban, psikologi maka suatu asas hpnotisme menjadi lebih kokoh dan sempurna untuk anda, karena menegetahui hal ikhwal organisme manusia itu sendiri, terutama bagi anda yang mengetahui tata letak syaraf. Bila mendalami ilmu hipnotisme dan menggunakannya dalam kehidupan anda, tentunya dapat melipatgandakan kekuasaan diri anda terhadap orang lain. Hal ini disebabkan karena anda mengetahui cara kerja pikiran dan jiwa manusia itu sendiri. Namun disamping itu hipnotisme juga bisa menumbuhkan magnestisme pribadi. Jadi bila anda menjadi seorang ahli hipnotis yang baik, maka secara otomatis akan menumbuhkan magnetisme pribadi yang tidak bisa dihalangi, disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
1. Hipnotisme membangun rasa percaya kepada diri sendiri.
2. Menambah pengertian anda tentang hubungan antar manusia.
3. Memberi pelajaran berharga kepada anda, bagaimana mengusai diri sendiri yang diperlukan untuk mengusai pikiran-pikiran orang lain.
4. Dengan hipnotisme memperkembangkan kecakapan memberikan saran (sugeti) yang sebaik-baiknya.

HIPNOTISME UNTUK PENYEMBUHAN
Bila anda sudah menguasai ilmu hipnotisme dengan baik, anda bisa juga untuk memanfaatkan untuk menolong orang lain dalam hal pengobatan suatu penyakit apa saja yang bisa kita terapkan diantaranya :
a. SAKIT KEPALA
b. NEUROSE
c. MENCABUT GIGI
d. INSOMNIA
e. KETAGIHAN ALKOHOL
f. NARKOTIKA
g. KEBIASAAN MEROKOK
h. MENOLONG WANITA BERSALIN
Memanfaatkan Hipnotisme untuk penyembuhan terlebih dahulu anda menghipnotisir suyet sampai ia benar-benar dalam keadaan tertidur hipnosa. Dengan anda memberikan suatu saran sewaktu-waktu mereka akan dibangunkan mereka akan merasakan sesuatu hal yang telah disugestikan Sebagai gambaran anda misalnya untuk penyembuhan Sakit Kepala, Neurose, Insomnia dan lain-lain, pasien dihipnotis terlebih dahulu agar tertidur, kemudian anda katakan kepadanya bahwa anda akan mencoba menyembuhkan Sakit Kepala yang di deritanya itu akan hilang lenyap, sekarang pun sakitnya sudah mulai berkurang, peningnya berangsur-angsur hilang, semakin enteng, hampir sembuh dan segera sembuh sama sekali. Jadi pada umumnya, anda sebutkan gejala-gejala penyakit yang di derita oleh pasien tersebut satu demi satu dan katakanlah semua itu sudah mulai ringan semakin membaik, dan apabila ia sudah bangun dari tidur hipnosa penyakitnya sudah lenyap. Anda ulang-ulangilah sugesti-sugesti tersebut dengan penuh keyakinan dan pengharapan dalam nada kata-kata yang tulus serta bayangkanlah dengan sungguh solah-olah penyakit itu sedang terusir dalam proses penyembuhannya.
Sekaligus anda bisa menerapkannya untuk pendidikan terhadap anak ataupun orang lain dengan tujuan yang positif yaitu Supaya taat kepada orang tua, Membuang kebiasaan-kebiasaan buruk dan lain-lain. Sebagai contoh bila anda ingin merubah kebisaan buruk pada anak mula-mula anda membelainya,lalu anda pegang tangan kanannya sambil anda memuji anak itu dengan menegatakan:
“Nak, berjanjilah bahwa kamu akan tetap manis dan mematuhi apa yang aku katakan kepadamu”
“Ayo, duduklah yang enak, tidak usah menggerak-gerakkan tangan dan kaki, engkau harus memperhatikan setiap kata-kataku, tidak boleh memikirkan apa-apa, selain yang aku ucapkan” Kemudian anda berikanlah suatu sugesti yang sifatnya mendidik. Dalam hal ini anda memberikan contoh sugesti, antara lain sebagai berikut : “Kadang-kadang kamu nakal dan mempunyai pikiran yang kurang patut. Pikiran buruk itu lambat laun akan lenyap. Jangan mengira ada sesuatu yang sukar bagimu atau kamu tak bisa membuang kebiasaan buruk itu. Semuanya mudah saja, katakanlah pada dirimu sendiri, Aku bisa melakukan kewajibanku dengan mudah. Maka semua pekerjaanmu akan menjadi mudah sekali”
SEMOGA BAGI ANDA YANG MEMPELAJARI MENGGUNAKANNYA HIPNOTISME UNTUK TUJUAN POSITIF, TERAPKAN UNTUK KEPRIBADIAN YANG BAIK DAN TERARAH. AKHIRNYA MUDAH-MUDAHAN ANDA DAPAT MEMANFAATKAN HIPNOTISME INI UNTUK MENOLONG SESAMA YANG KESULITAN.

 

Sumber:http://ilmukesaktian.blogspot.com/

2 responses to “Bagi yang pengen blajar HIPNOTIS ane kasih tau nih… DASAR-DASAR ILMU HIPNOTIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s