Arti Warna Air Kencing Kita so,,,, jangan asal pis aja,,, di perhatiin warnanya oke”..

Umumnya warna urin ditentukan oleh besarnya DIURESIS ( Peningkatan pembentukan kencing ). Makin besar diuresis, makin muda warna urin. Warna normal urin berkisar antara kuning muda hingga kuning tua. warna itu di sebabkan oleh beberapa macam zat, terutama UROCHROM dan UROBILIN.

Jika contoh urin bukan dalam gradasi kuning, bisa disebut abnormal, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Meski demikian warna abnormal juga belum tentu karena penyakit berat.Bisa saja disebabkan hasil metabolisme abnormal yang berasal dari suatu jenis makanan atau obat2an.
Berikut warna yang berkaitan dengan warna urin :

1. KUNING
Zat warna normal dalam jumlah besar: Urobilin, Urochrom
Zat Warna abnormal : Bilirubin
Pengaruh obat2 : Santonin, riboflavin, atau pengaruh permen
Indikasi penyakit : tidak ada ( normal )

2. HIJAU
Zat warna normal dalam jumlah besar: indikan ( indoxilsulfat )
Pengaruh obat2 : methyleneblue, evan’s blue
Indikasi penyakit : obstruksi ( penyumbatan usus kecil )

3. MERAH
Zat warna normal dalam jumlah besar: uroerythrin
Zat warna abnormal: hemoglobin, porfirin, porfobilin
Pengaruh obat-obat: santonin, amidopyrin, congored atau juga zat warna makanan
Indikasi penyakit: glomerulonevitis nefitit akut ( panyakit ginjal ), kanker
kandung kencing

4. COKELAT
Zat warna normal dalam jumlah besar: urobilin
Zat warna abnormal: bilirubin, hematin, porfobilin
Indikasi penyakit: hepatitis

5. COKELAT TUA/ HITAM
Zat warna normal dalam jumlah besar : indikan
Zat warna abnormal: darah tua, alkapton, melamin
Pengaruh obat2: derivat, fenol, argyrol
Indikasi penyakit: sindroma nefrotika ( penyakit ginjal )

6. SERUPA SUSU
Zat warna normal dalam jumlah besar: fosfat, urat
Zat warna abnormal: pus, getah prostat, chylus, zat2 lemak, bakteri2, protein yang
membeku
Indikasi penyakit : Infeksi saluran kencing, kebocoran kelenjar limfa

oya … banyak yang tanya klo bening tu gimana???
tu malah bagus koq ga…tenang aja…itu nandain kadar racun di tubuh agan da 85% ilang…intinya harus banyak minum…tapi jangan digelonggong lho…

ya …makanya jaga kesehatan ya

 

info dari :

http://www.untukku.com/artikel-untukku/arti-warna-air-kencing-kita-untukku.html

4 responses to “Arti Warna Air Kencing Kita so,,,, jangan asal pis aja,,, di perhatiin warnanya oke”..

  1. saya pernah nyimpan urin di gelas plastik terus bbrp jam kemudian urinnya saya lihat ada semacam putih2 kayak zat kapur di air yang biasa kita rebus,itu normal nd’ sech?tlg di jawab

    • maaf,, mbak nuril saya tidak bisa menjawab pertanyaan mbak,,, coz saya cuma skedar share artikel bukan ahlinya he”,, coba mbak nuril konsultasikan aja sama dokter,, (makasih dah kasih koment)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s