Makanan ibu agar ASI/menyusui lancar

Apa yang harus ibu makan agar proses menyusui lancar dan ASI dapat diberikan dengan baik? Samakah komposisi menu makanan yang harus dimakan oleh ibu hamil/mendapatkan kehamilan dengan ibu menyusui? Pertanyaan ini wajar diajukan oleh ibu muda yang tengah menyusui, terutama mereka yang ingin melakukan proses menyusui secara eksklusif kepada anak pertama mereka.

Supaya ASI menjadi banyak, hal pertama yang bias ibu lakukan adalah inisiasi dini. Dan kedia bayi harus rajin menyusu. Sebisa mungkin usahakan agar ASI merupakan makanan utama bayi. Makanan dan minuman lain hanya berfungsi sebagai pelengkap/faktor pendukung gizi bayi anda kelak.

Yang paling penting adalah hisapan pada payudara ibu. Kalau tidak ada hisapan bayi pada payudara Ibu, biarpun ibu mengkonsumsi makanan yang “dipercaya” bisa memperlancar proses menyusui maka ASI tetap sulit untuk keluar. Contoh paling mudah adalah anggapan masyarakat dan ibu tentang konsumsi daun katuk. Walaupun secara medis ditemukan bahwa daun katuk dapat memperlancar ASI, ternyata fungsi utama dari daun katuk baru sebatas menambah percaya diri ibu untuk menyusui. Bertambahnya segi psikis ini ternyata turut serta dalam pembentukan hormon pengendali ASI yang kemudian memicu terbentuknya ASI dan lancarnya proses menyusui bayi.

 

info dari : http://www.untukku.com/artikel-untukku/makanan-ibu-agar-asimenyusui-lancar-untukku.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s